Kamis, 04 Oktober 2012

Cara Guru PAK Salatiga Mencari Sumber Air

Cari Air Tanah Mudah dan Murah


Oleh: Ev. Timotius Sukarman

A.PENDAHULUAN

Air bawah tanah atau air dalam tanah sebenarnya sama halnya dengan darah dalam tubuh manusia. Setiap ujung tubuh manusia, kecuali rambut dan kuku pasti ada kandungan darah. Walaupun demikian tidak berarti setiap bagian tubuh merupakan sumber darah atau tempat darah mengalir. Contoh, sekalipun tubuh kita dibagian bawah (kaki) apabila kena pisau atau paku, tentu keluar darah, namun bukan berarti disitu sumber atau aliran darah (yang disebut nadi). Tetapi jika kebetulan yang kena pisau atau paku adalah diurat nadi,walaupun luka kecil tubuh bisa kehabisan darah dan jika hal itu tidak segera di tangani secara medis, akan menyebabkan kematian.
Demikian halnya dengan air dalam tanah. Setiap bagian tanah dimanapun dan sebenarnya kapanpun, jika kita menemukan “urat nadi” sumber air atau aliran air dalam tanah, walaupun musim kemarau air tidak akan habis, walaupun mungkin kapasitas air akan berkurang.
Itulah yang saya katakan bahwa “Air bawah tanah mudah dan murah”. Mudah karena dimana ada tanah, disitu ada air, walaupun harus dicari. Murah, karena tidak harus mengeluarkan uang yang banyak untuk mendapatkan air, ”sumber hidup” kecuali dengan bor ataupun mesin pompo air. Walaupun dengan bor dan mesin penghisap air atau pompa air masih lebih murah. Dan ketersedianya air dapat dijamin. Tidak tergantung kepada “orang lain” atau lembaga, yang birokarasinya panjang dan unjungnya juga uang.
Akhirnya, bagaimana untuk mendapatkan Air bawah tanah yang mudah dan murah? Melalui tulisan ini, saya akan kemukanan beberapaa hal yang merupakan pengalaman dan ketrampilan saya, yang mungkin juga sudah dimiliki oleh banyak orang, sebab hal ini sebernarnya bukan hal yang baru. Namun tidak ada salahnya Bapak/ ibu/ sdr dapat mencobanya.

Baca selengkapnya:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar