http://www.sarjanaku.com/2011/01/makalah-prioritas-kerja-profesi-guru.html
(18/05/2012; 08:15)
Memasuki
abad 21, tugas guru tidak akan semakin ringan. Menurut Wardiman Djojonegoro
dalam ke|1as kerjanya yang disampaikan pada SeminarNasional Wawasan Profesi
Guru Tahun 2000 ICMI Orwil Jawa Timur di Surabaya
tanggal 21 Desember 1996, bangsa kita menyiapkan diri untuk memiliki sumber
daya manusia (SDM) yang berkualitas. Ciri SDM yang berkualitas tersebut adalah
- Memiliki kemampuan dalam menguasai keahlian dalam suatu bidang yang berkaitan dengan iptek;
- Mampu bekerja secara profesional dengan orientasimutu dan keunggulan; dan
- Dapat menghasilkan karya-kalya unggul yang mampu bersaing secara global sebagai hasil dari keahlian dan profesionalitasnya.
Makagiansar (1990) menyebutkan bahwa untuk menghadapi era globalisasi, Salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam bidang pendidikan adalah ketidakpastian. Untuk itu seseorang harus memiliki empat kemampuan, yaitu kemampuan antisipasi, kemampuan menge|1i dan mengatasi masalah, kemampuan mengakomodasi, dan kemampuan melakukan reorientasi.
Tilaar (1998) menyatakan bahwa masyarakat millenium ketiga nanti mempunyai karakteristik masyarakat teknologi, masyarakat terbuka dan masyarakat madani yang secara keseluruhan akan berpengaruh pada visi, misi dan tujuan pendidikan. Pertumbuhan teknologi akan mengubah bentuk dan cara hidup manusia yang sama sekali akan berlainan dengan kehidupan manusia dewasa ini. Teknologi dapat memajukan kehidupan manusia tetapi juga dia akan mampu menghancurkan kebudayaan manusia itu sendiri. Kemajuan teknologi pula yang akan membuka dunia sekaan tanpa batas, baik geografis, sosial maupun budaya. Saling keterpengaruhanantara bangsa yang satu dengan bangsa yang Iain akan menjadi ciri utama masyarakatterbuka.
Secara
optimistik, masyarakat yang terbuka tersebut akan bermuara pada lahirya
masyarakat madani, masyarakat yang berkembang baik kemampuan intelektualnya,
maupun aspek- aspek kehidupan lainnya Sena tanggung jawabnya. Sesungguhnya,
dengan tantangan yang dihadapi ke depan adalah globalisasi dengan dominasi
teknologi dan informasi yang sangat kuat, kemampuan dasar yang mesti dimiliki
bangsa ini tidak boleh hanya sebatas penguasaan kemampuan membaca, menulis dan
berhitung. Harusjauh melampaui tiga hal tersebut.
Menghadapi tantangan demikian, diperlukan guru yang benar-benar profesional. Tilaar (1998) memberikan empat ciri utama agar seorang guru terkelompok ke dalam guru yang profesional. Masing-masing adalah:
Menghadapi tantangan demikian, diperlukan guru yang benar-benar profesional. Tilaar (1998) memberikan empat ciri utama agar seorang guru terkelompok ke dalam guru yang profesional. Masing-masing adalah:
- Memiliki kepribadian yang matang dan berkembang;
- Memiliki keterampilan untuk membangkitkan minat peserta didik;
- Memiliki penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang kuat; dan
- Sikap profesionalnya berkembang secara berkesinambungan.
Menurut
Djojonegoro (1996) guru yang bermutu memiliki paling tidak empat kriteria
utama, yaitu kemampuan profesional, upaya profesional, waktu yang dicurahkan
untuk kegiatan profesional dan kesesuaian antara keahlian dan pekerjaannya.
Kemampuan profesional meliputi kemampuan intelegensia, sikap dan prestasi
kerjanya. Upaya profesional adalah upaya seorang guru untuk mentransformasikan
kemampuan profesional yang dimilikinya ke dalam tindakan mendidik dan mengajar
secara nyata.
Waktu yang
dicurahkan untuk kegiatan profesional menunjukkan intensitas waktu dari seorang
guru yang dikonsentrasikan untuktugas-tugas profesinya. Guru yang bermutu ialah
mereka yang dapat membelajarkan siswa secara tuntas, benar dan berhasil. Untuk
itu guru harus menguasai keahliannya, baik dalam disiplin ilmu pengetahuan
maupun metodologi mengajarnya.
Selanjutnya Samani (1996) mengemukakan empat prasyarat agar seorang guru dapat profesional. Masing-masing adalah kemampuan guru mengolah/menyiasati kurikulum, kemampuan guru mengaitkan materi kurikulum dengan Iingkungan, kemampuan guru memotivasi siswa untuk belajar sendiri dan kemampuan guru untuk mengintegrasikan berbagai bidang Studi/mata pelajaran menjadi kesatuan konsep yang utuh. Nlasih terkait dengan harapan-harapan yang digayutkan di pundaksetiap guru, H. Muhammad Surya, Ketua Umum Pengurus Besar PGRI, mengemukakan ada sembilan karakteristik citra guru yang diidealkan. Nlasing- masing adalah guru yang:
- Memiliki semangatjuang yang tinggi disertai kualitas keimanan dan ketaqwaan yang mantap,
- Mampu mewujudkan dirinya dalam keterkaitan dan padanan dengan tuntutan Iingkungan dan perkembangan iptek,
- Mampu belajar dan bekerja sama dengan profesi lain,
- Memiliki etos kerja yang kuat,
- Memiliki kejelasan dan kepastian pengembangan jenjang karir,
- Berjiwa profesionalitas tinggi,
- Memiliki kesejahteraan Iahir dan batin, material dan nonmaterial,
- Memiliki wawasan masa depan, dan
- Mampu melaksanakan fungsi dan peranannya secara terpadu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar